Studentsite adalah situs resmi mahasiswa Universitas Gunadarma dan melalui situs ini pelayanan administrasi akademik dapat dilakukan. Di-launching pada tanggal 23 November 2006.
STUDENTSITE (http://studentsite.gunadarma.ac.id) adalah fasilitas berbasis web yang diperuntukan bagi semua mahasiswa Universitas Gunadarma yang masih aktif. Dengan fasilitas ini, mahasiswa Universitas Gunadarma dapat berkolaborasi dan saling mendapatkan informasi antar civitas akademika Universitas Gunadarma.
Jika kita sudah log in maka akan muncul halaman pribadi kita atau disebut juga locker. Di locker ini kita bisa menjumpai yang namanya Kalendar Akademik. Di kalendar ini kita bisa mengetahui jadwal-jadwal kegiatan yang ada di Universitas Gunadarma secara garis besar. Selain kalendar akademik juga terdapat BAAK NEWS di locker ini. Kita bisa melihat info tentang kegiatan akademik di BAAK NEWS ini.
Menu Layanan yang ada pada Studentsite adalah :
Home
WWW News
BAAK News
Lecture Messages
Rangkuman nilai
Jadwal Kuliah
Jadwal Ujian
Bebas Perpustakaan
Surat Keterangan
Infor Absesnsi
Pendaftaran Lomba Blog
Info Seminar (UG portfolio)
Tulisan (UG portfolio)
Tugas (UG portfolio)
Warta Warga
Blog Komunitas Perbankan
Blog Komunitas Linux
Blog Komunitas Photografi
Blog Komunitas Robotika
Blog Komunitas Arsitektur
Blog Komunitas Ekonomi Syariah
Blog Komunitas Pasar Modal
Keunggulan Studentsite- UG
Penggunaan satu account untuk semua kepentingan akses di lingkungan aplikasi Universitas Gunadarma. Memudahkan mahasiswa untuk menggunakan aplikasi yang telah terintegrasi
Didukung oleh aplikasi dan infrastruktur yang handal, aplikasi StudentSite-UG dapat diakses dimana saja secara online. Manfaatkan kemudahan akses StudentSite-UG ini.
Mailbox Email 100 MB
Gratis Penggunaan HotSpot UG.
Selain kelebihan, menurut saya studentsite juga memiliki kekurangan, yaitu kita bisa mengirim email melalui layanan ini, tetapi kita tidak bisa mengetahui apakah email yang kita kirim ini sudah terkirim atau belum.
Menu yang ada di halaman muka Studentsite
• Studensite Login:untuk masuk ke account Studentsite bagi Mahasiswa Gunadarma yang telah mendaftar di Studentsite- UG
• Berita Studentsite: Info- info terbaru yang ada di Universitas Gunadarma untuk Mahasiswa UG
• Studentsite Aktivasi: Untuk peng-aktivasian akun Studentsite bagi mahasiswa UG yang belum mendaftar.
• Studentsite kontak: mengontak petugas jika ada permasalahan pada peng-aktivasian Studentsite dan masalah- masalah pada Akun Studentsite UG.
• FAQ Studentsite: pertanyaan- pertanyaan yang sering ditanyakan berkenaan dengan masalah pada Studentsite-UG.
Menu Layanan yang ada di Akun StudentSite
• Home: pada menu Home terdapat Info dari BAAK UG dan Kalender Akademik Universitas Gunadarma.
• BAAK News: terdapat informasi dari Biro Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan (BAAK) yang menyangkut kegiatan- kegiatan kemahasiswaan. dan informasi yang mengenai administrasi akademik.
• Lecturer Massage: Berisi Tugas- tugas dari dosen pembimbing mata kuliah dan pesan- pesan yang menyangkut kegiatan perkuliahan.
• Rangkuman Nilai: berisi rangkuman nilai Mahasiswa selama perkuliahan. yang menyangkut nilai pada perkuliahan, kegiatan- kegiatan seperti workshop/kursus, PI / Skripsi / Aptitude / Perpus / Sidang, Ujian Mandiri UTS, dan UTS.
• Jadwal Kuliah: berisi jadwal perkuliahan yang Mahasiswa jalani.
• Jadwal Ujian: berisi jadwal kapan Mahasiswa menjalani Ujian.
• Bebas Perpustakaan: untuk membuat formulir permohonan bebas perpustakaan yang merupakan syarat untuk mengikuti sidang skripsi pada mahasiswa tingkat akhir
• Surat Keterangan: berisi contoh Formulir surat keterangan. seperti menjadi anggota perpustakaan, asuransi kesehatan, pengunduran diri, melamar kerja, tunjangan pensiun kantor orang tua, magang kerja, memperoleh data penulisan ilmiah, memperoleh data skripsi, analisis data, kerja praktek, permohonan magang kerja, dan tunjangan gaji dari kantor orang tua. jenis- jenis surat tersebut terdapat pada menu ini.
• Informasi Absensi: berisi informasi absensi selama menjalani perkuliahan yang bisa dilihat mahasiswa semester 6 untuk melihat seberapa aktif mahasiswa tersebut dalam kegiatan perkuliahan.
• Pendaftaran Lomba Blog: menu ini berisi formulir pendaftaran lomba blog bagi mahasiswa yang ingin mengikutinya.
• Info Seminar: berisi informasi acara seminar yang diadakan universitas gunadarma.
• Tulisan (UG Portofolio): untuk me-link tugas- tugas selain tugas softskill dan tulisan- tulisan yang di buat Mahasiswa dalam Blog. selain itu tulisan juga bisa kita muat di Warta Warga Universitas Gunadarma.
• Tugas (UG Portofolio): sama fungsinya dengan menu tulisan. tetapi hanya tugas softskill yang boleh dimasukkan dalam menu ini.
• Deposit Library: dalam Deposit Library ini kita bisa meng- upload Penulisan Ilmiah atau skripsi. serta membuat permohonan bebas perpustakaan.
• Warta Warga UG: dalam menu ini kita bisa membuat posting atau penulisan yang akan masuk di Warta Warga UG.
• Blog Komunitas: terdapat beberapa blog komunitas dalam menu ini. tergantung blog mana yang sesuai dengan minat dan jurusan mahasiswa yang ingin menulis posting di salah satu blog komunitas berikut: Blog Komunitas Perbankan, Linux, fotografi, robotika, arsitektur, Ekonomi syariah, dan Pasar Modal.
General Menu yang ada di Akun StudentSite
• Locker: berisi menu Home awal.
• Change Password: untuk mengganti password akun Studentsite mahasiswa.
• Preferences: berisi pengaturan yang ingin di atur kembali oleh pemilik akun Studentsite.
Menu- Menu di Akun StudentSite
Home : pada menu Home terdapat BAAK News, Kalender Akademik, dan General Menu.
E- Mail : pada menu e-mail terdapat Inbox, dan E- Mail menu seperti compose email: untuk membuat e-mail baru, dan compress folder.
Calendar : menu ini berisi kalender, dan jadwal- jadwal yang telah Mahasiswa muat selayaknya agenda dalam kalender ini. serta pada menu ini kita bisa mengatur tampilan kalender kita. Dengan demikian, tidak ada kegiatan yang terlewatkan atau terlupakan
Adress Book: melihat daftar kontak sesama mahasiswa gunadarma yang telah mereka buat
InfoLog: untuk melihat jadwal yang telah mahasiswa buat, jandwal telepon, dan catatan- catatan penting.
File Manager: Untuk menyimpan dan mengelola file- file yang dimiliki mahasiswa dan mengatur file- file tersebut
Forum: menu ini langsung masuk ke sini dan berguna untuk berkomunikasi dan bertukar pikiran mengenai suatu topik yang sedang hangat saat ini dengan rekan-rekan
sejawatnya melalui fitur ini.
BookMark: fitur yang harus dimanfaatkan oleh mahasiswa yang sering mencari informasi melalui internet, terutama jika mereka memiliki situs favorit yang sering mereka kunjungi. Karena dengan fitur ini mahasiswa dapat menyimpan URL situs
favoritnya tersebut untuk referensi di kemudian hari.
Polls: fitur ini semacam kuesioner. Dengan fitur ini, mahasiswa bisa menjaring pendapat rekan-rekannya mengenai suatu topik, peristiwa maupun fenomena yang
sedang terjadi. dan bisa dipergunakan sebagai pengganti angket jika ada tugas yang
memerlukan angket sebagai datanya, tapi sayang, menu ini jarang sekali di jamah oleh
mahasiswa.
LogOut: link untuk keluar dari akun Studentsite mahasiswa
SUMBER
http://www.gunadarma.ac.id/id/page/semakin-mudah-dan-nyaman-dengan-student-site.htm